Budayakan Menulis


Budayakan Menulis

Kewajiban seorang guru mengajar dan menuntun siswa untuk gemar membaca dan menulis.
Atau istilah yang lebih populer adalah kewajiban seorang guru membudayakan literasi kepada siswa. bagaimana pun cara yang kita lakukan. Inovasi dan kreativitas sangat diperlukan dalam hal ini.

Image result for gambar budaya menulis
Di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, dengan sebutan keren Smamda menerapkan hal ini. Didukung fasilitas yang lengkap, siswa dan guru selalu memanfaatkan sarana yang disediakan oleh sekolah untuk pembelajaran. Hal tersebut bertujuan agar pembelajaran bisa berhasil maksimal.

Pembiasaan menulis juga dilakukan di sekolah unggulan di kota Sidoarjo ini. Terutama di bidang Mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pratik itulah yang diutamakan. Siswa diajak menulis. Itulah aplikasi yang nyata. Dengan demikian kegiatan pembelajaran terwujud nyata.

Hal ini dilakukan oleh seorang guru Bahasa Indonesia, dalam pembelajaran Menulis Berita. Setelah melewati proses Mengamati, menanya, mengekplorasi, dan mengomunikasikan, saatnya memproduksi teks berita. Inilah tantangan bagi seorang guru. Memotivasi siswa untuk memulai menulis tidaklah mudah. Salah satu yang dilakukan seorang guru adalah tak henti-hentinya mengajak menulis. Untuk membuktikan bahwa menulis itu mudah, guru harus terlibat langsung. Tunjukkan karya kita ke mereka. Misalnya kita menulis puisi, tidak berapa lama puisi kita tulis, kita persembahkan unutk siswa. Kita bacakan puisi tentang mereka. Itu semua bisa memotivasi siswa untuk belajar menulis

Selain itu hasil tulisan siswa bisa kita unggah ke dunia maya, misalkan ke Blog, Facebook, atau lainnya. Itu membuat siswa lebih percaya diri untuk bisa menulis. Selain itu siswa akan terbiasa kegiatan baru yaitu menungkapkan ide-ide baru tentang lingkungannya. Situs-situs media sosial sangat membantu guru untuk memudahkan proses belajar mengajar.

Selain itu komentar guru sangat diperlukan. Dengan komentar guru siswa lebih dihargai jerih payahnya oleh guru. Hasil karya lebih dihargai. Hal tersebut dilakukan agar siswa menulis, dan menulis lagi.

Itulah sedikit ungkapan tentang pengalaman membudayakan menulis terhadap siswa.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rinduku Dilarang