Senin, 22 Oktober 2018

Menulis di Blog Cara Jitu Budayakan Literasi

Hasil gambar untuk gambar kegiatan menulis         
          Budaya literasi terus di-viral-kan oleh dunia pendidikan. Tak terkecuali di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Siswa-siswi terus diajak membaca dan menulis. Entah tentang fiksi maupun non fiksi. Dengan harapan siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo memiliki budaya literasi yang baik, dan bermanfaat bagi diri sendiri, maupun orang lain.
          Budaya literasi bukan hanya tanggung jawab guru bidang kebahasaan. Tetapi ini merupakan tanggung jawab lembaga. Otomatis menciptakan budaya ini adalah tanggung jawab semua warga sekolah. Baik dari tukang sapu sampai penjaga keamanan. Jika budaya literasi ini mendapat dukungan dari semua pihak, maka bisa dikatakan program literasi sekolah telah berhasil.
          Tidak mudah menanamkan kebiasaan pada siswa untuk gemar berliterasi. Tantangannya sangat kompleks. Belum lagi media sosial bermunculan. Instagram, WhatsApp, Line, facebook, dan lain-lain. Generasi sekarang lebih gemar bersahabat dengan gawainya dari pada buku sebagai sumber informasinya. Apalagi permainan-permainan dalam gawainya. Jangankan untuk membaca, berkomunikasi dengan lingkungan sudah terbatas. Inilah tantangan kita.
           Budaya literasi, tidak hanya berkegiatan membaca buku, tetapi juga menulis. Nah, sehubungan dengan hal itu, pada materi Teks Editorial, setelah siswa mengidentifikasi dan menganalisis teks, wajib memproduksi teks editorial. Dengan bimbingan guru siswa mulai merasakan keasyikan menulis. Seakan tidak ingin berhenti menulis dan terus menulis. Proses pembelajaran berlangsung makin menantang, tulisan teks editorial wajib diunggah di blog masing-masing. Selain mengunggah teks editoria masing-masing siswa bisa menampilkan hasil tulisan yang lain.

1 komentar:

  1. Citizen Eco Drive Titanium Watch, 2-piece and 2-in-1 - India
    This premium watch features the 2-in-1 features the design of the thinkpad x1 titanium watch, with a solid gold plated aluminium core, brushed stainless burnt titanium steel with a titanium dog teeth implants lustrous finish. Rating: ion titanium hair color 4 · ‎3 reviews gold titanium

    BalasHapus

 "Panoptikum Tubuh Malam" Selasa, 3 Januari 2023 Jika saja aku Memakai satu kekuatan Dalam sekejap kau akan kuhapus Aku akan berte...