Senin, 25 November 2019

Banjir Pujian di Hari Guru Nasional


Oleh Alfi Faridian

Semua media Sosial dimarakkan dengan postingan “Selamat Hari Guru”. Mulai dari Faceebook, Instagram, Line, sampai Status pribadi Whatsap isinya sama. Bermacam-macam kata indah yang tercantum pada postingan tersebut. Dalam bentuk video pun tak kalah menariknya. Aku sebagai guru bangga dibuatnya.

Guru merasa tersanjung di 25 November ini. Dunia maya seakan milik semua guru. Haru biru tak terkecuali yang kurasa saat itu. Ucapan, pujian, terus mengalir dari sahabat, demikian juga murid-muridku. Tak terkecuali doa dari mereka untuk kesuksesan, kesehatan terutama dipanjatkan untukku. Bak ratu sehari yang dibanjiri puji-pujian.

Hari itu terasa berbeda, ada yang istimewa. Semua berita mengabarkan sesuatu yang indah dan elegan bagi sang guru. Entah sihir apa yang menimpa masyarakat, hingga sanjungan, bukan umpatan yang diberikan kepada guru. Guru adalah insan cendekia, yang pantas menerima sanjungan tersebut. Sosok yang bisa mengubah dunia.

Wahai guru! Apa yang harus dilakukan setelah banjir sanjungan? Tak selamanya sanjungan diberikan oleh masyarakat. Saatnya kita harus berbenah. Jangan merasa aman pada zona nyaman. Berubahlah sebelum zaman menggerus kepiawaian seorang guru. Asah kompetensi hingga ilmu bisa dikuasai. Banyak yang harus dilakukan untuk menggapainya.

Guru adalah manusia biasa. Terkadang juga mempunyai kesalahan. Tetapi sebagai insan biasa juga memiliki perasaan. Ketika dihujat, dimusuhi, bahkan sampai ada yang meregang nyawa saat menaruhkan harga diri, kami tetap manusia biasa yang memiliki rasa. Bagaikan nila setitik, rusaklah susu sebelanga, itulah biasanya yang sering terjadi. Kesalahan yang secuil bisa menghapuskan kebaikan yang kita perbuat.

Dengan adanya hari guru, saya lebih percaya diri. Beban untuk mengantarkan murid ke gerbang kesuksesan terasa ringan. Hal ini dikarenakan semua sanjungan menumbuhkan energi positif bagi guru. Guru perlu belajar, untuk menjadi guru yang kekinian. Bagaimana guru kekinian? Guru yang terus mau belajar. Guru yang terus berkreasi dan berinovasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 "Panoptikum Tubuh Malam" Selasa, 3 Januari 2023 Jika saja aku Memakai satu kekuatan Dalam sekejap kau akan kuhapus Aku akan berte...